Sabtu, 23 Mei 2009

happy ending of ali imran

     

“ O ye who believe ! Persevere in patience And constancy ; vie In such perseverance ; Strengthen each other ; And fear God ; That ye may prosper. 1

Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetapkanlah (hatimu) dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu beruntung.


A. Meaning of The Word

  •  sabar has 4 meanss its : (i) to prison hold out. According the mean that our wish must be prison for hold out it go in the direction of religion worship.2 Its means restain in difficulty situation and faces troubles.3 (ii) top level think. Its means Shabr is one of good eticks and who do it will in the top level in Allh”s side. (iii) one of the strong and hard stone. We can understand from here if we relate Shabr with it that Shabr will make the patience strong and solid to faces any calamity. (iv) One of bitter medicine but very usefull for us. Its mean shabar is bitter for us but if we can do it well it help us in our life to be succesfull and very usefull.

sabar memiliki 4 makna yaitu : (i) mengendalikan. Menurut makna ini kita mesti mengendalikan hawa nafsu kita. Memang dalam menempuh cara itu kita akan merasa sulit dan akan menghadapi tantangan. (ii) sesuatu yang tinggi.Hal ini berarti Shabr merupakan salah satu dari sifat husnul khunuq dan barang siapa yang melakukannya kelak berada di derajat yang tinggi di sisi Allah SWT. (ii) salah satu jenis batu yang kuat dan keras.Kita dapat memahami bahwa dengan kesabaran, membuat orang yang sabar menjadi kuat dan teguh dalam menghadapi segala bentuk cobaan. (iv) Salah satu jenis obat yang pahit akan tetapi sangat bermanfaat bagi kita. Shabr merupakan sesuatu amalan yang pahit bagi kita tetapi jikalau kita dapat menempuhnya dengan sebaik mungkin niscaya ia memberi manfaat kepada kita.

  •  Its means to make our Shabr more powerly and strongly to face the bigger calamity and on another the crisrtian patience. So, it be more seriously to handle carnal desir e

Mushabarah berarti menjadikan kesabaran kita lebih berkuat dan mantap dalam menghadapi cobaan yang lebih besar dan cobaan dari orang non-muslim yang sabar pula dalam melawan kita. Jadi, ini semuanya dapat membuat kita lebih bersungguh-sungguh dalam menangani hasrat-hasrat kita yang menyimpang serta diarahkan kejalan Allah sesuai dengan Al-Qur’an dan sunnah.


  •  Rabth is strong and stabil . its concistent, perseverance and dependable what we did until makes us stabil to faces our life 4 or keep our doing antil we concistent to do it.5

Rabth merupakan kekuatan dan kestabilan, itu merupakan sifat konsisten, keteguhan terhadap apa yang kita telah lakukan sebelumnya.


  •  Taqw is afraid of prohibit and combat guard from damaged thinks will makes what we build with our doing are decrase6 Keep our self from danger think or what hurt your self.

Taqwa dapat berarti takut, mencegah dan menjaga dari sesuatu yang berbahaya dan dapat merusak yang akan membuat apa yang telah kita bangun, sedikit demi sedikit atau sekaligus akan terkikis. Menjaga diri kita dari sesuatu yang dapat merusak keiman dan mewabahi hati kita dengan penyakit hati .


  •  Falh is win , prosper, succesfull and still dominate. If we do it all we will be succesfull in world and herefafter, insya Allah.

Falh bermakna kemenangan, keberuntungan, keberhasilan dan tetap mendominasi. Jika kita melakukan semuanya, yaitu perintah antara amanu dan la’alkum tidak tertutup kemungkinan kita akan bahagia di dunia dan Akhirat kelak, Insya Allah.


B. Commentary of The Important Word


Shabr is one of the best and principal eticks in Qur’an and is stressed by Qur’an in Makkiyah or Madaniyah sura, and its most mentined eticks in Qur’an. Al-Ghazali says in his book “ Assobru wasysyukru” from “Rabaul Munjiyat in kitab “Ihya Ulumuddin : Allah mentioned Shabr in Qur’an more than 74 times.

The full meaning of Sabr is to be understood here, viz: Patience, perseverance, contancy, self-restraint, refusing to be cowed down. These virtues we are to exersice for ourselves and in relation to others : we are toset an example, so that other may vie with us, and we are to vie with them, lest we for short ; in this way we strangthen each other and bind our mutual relations closed in our common serviece to God.7


Motivator to be patience is for Allah not for praise from human being. Allah says :

وَلِرَبِّكَ فَاصْبِرْ8

And, for thy Lord's (Cause), be patient and constant!

Dan untuk (memenuhi perintah) Tuhanmu, bersabarlah.

وَالَّذِينَ صَبَرُوا ابْتِغَاءَ وَجْهِ رَبِّهِمْ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً وَيَدْرَءُونَ بِالْحَسَنَةِ السَّيِّئَةَ أُولَئِكَ لَهُمْ عُقْبَى الدَّارِ9

Those who patiently persevere, seeking the countenance of their Lord; Establish regular prayers; spend, out of (the gifts) We have bestowed for their sustenance, secretly and openly; and turn off Evil with good: for such there is the final attainment of the (eternal) home,-

Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik),

The real Shabr’s aim is only Allah.


The kind of Shabr in Qur’an

  • Faces detamity10

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ , الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ 11

Be sure we shall test you with something of fear and hunger, some loss in goods or lives or the fruits (of your toil), but give glad tidings to those who patiently persevere,

Who say, when afflicted with calamity: "To Allah We belong, and to Him is our return":-

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar,

(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, "Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun"


  • Controls our wish12


لِمَنْ خَشِيَ الْعَنَتَ مِنْكُمْ وَأَنْ تَصْبِرُوا خَيْرٌ لَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ13

This (permission) is for those among you who fear sin; but it is better for you that ye practise self-restraint. And Allah is Oft-forgiving, Most Merciful.

itu, adalah bagi orang-orang yang takut kepada kesulitan menjaga diri (dari perbuatan zina) di antaramu, dan kesabaran itu lebih baik bagimu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

  • To do Allah’s obedient14

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا نَحْنُ نَرْزُقُكَ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَى15

Enjoin prayer on thy people, and be constant therein. We ask thee not to provide sustenance: We provide it for thee. But the (fruit of) the Hereafter is for righteousness.

Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kami lah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa.


  • In Difficulty religion missionary (dakwah)

وَمَا لَنَا أَلَّا نَتَوَكَّلَ عَلَى اللَّهِ وَقَدْ هَدَانَا سُبُلَنَا وَلَنَصْبِرَنَّ عَلَى مَا آَذَيْتُمُونَا وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُتَوَكِّلُونَ16

"No reason have we why we should not put our trust on Allah. Indeed He Has guided us to the Ways we (follow). We shall certainly bear with patience all the hurt you may cause us. For those who put their trust should put their trust on Allah."

Mengapa Kami tidak akan bertawakal kepada Allah padahal Dia telah menunjukkan jalan kepada kami, dan kami sungguh-sungguh akan bersabar terhadap gangguan-gangguan yang kamu lakukan kepada kami. Dan hanya kepada Allah saja orang-orang yang bertawakal itu berserah diri".


  • In The Wars

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا لَقِيتُمْ فِئَةً فَاثْبُتُوا وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (45)وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَلَا تَنَازَعُوا فَتَفْشَلُوا وَتَذْهَبَ رِيحُكُمْ وَاصْبِرُوا إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ (46)17

O ye who believe! When ye meet a force, be firm, and call Allah in remembrance much (and often); that ye may prosper:

And obey Allah and His Messenger; and fall into no disputes, lest ye lose heart and your power depart; and be patient and persevering: For Allah is with those who patiently persevere:

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu memerangi pasukan (musuh), maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.

Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.



  • In Our Communication to Human.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا يَحِلُّ لَكُمْ أَنْ تَرِثُوا النِّسَاءَ كَرْهًا وَلَا تَعْضُلُوهُنَّ لِتَذْهَبُوا بِبَعْضِ مَا آَتَيْتُمُوهُنَّ إِلَّا أَنْ يَأْتِينَ بِفَاحِشَةٍ مُبَيِّنَةٍ وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ فَإِنْ كَرِهْتُمُوهُنَّ فَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا18

O ye who believe! Ye are forbidden to inherit women against their will. Nor should ye treat them with harshness, that ye may Take away part of the dower ye have given them,-except where they have been guilty of open lewdness; on the contrary live with them on a footing of kindness and equity. If ye take a dislike to them it may be that ye dislike a thing, and Allah brings about through it a great deal of good.

Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai wanita dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.


The Regard and position

  • Get Guidance (hidayah)

وَجَعَلْنَا مِنْهُمْ أَئِمَّةً يَهْدُونَ بِأَمْرِنَا لَمَّا صَبَرُوا وَكَانُوا بِآَيَاتِنَا يُوقِنُونَ19

And We appointed, from among them, leaders, giving guidance under Our command, so long as they persevered with patience and continued to have faith in Our Signs.

Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar. Dan adalah mereka meyakini ayat-ayat Kami.


  • Top level20

وَالَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَنُبَوِّئَنَّهُمْ مِنَ الْجَنَّةِ غُرَفًا تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا نِعْمَ أَجْرُ الْعَامِلِينَ (58) الَّذِينَ صَبَرُوا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ (59)21

But those who believe and work deeds of righteousness - to them shall We give a Home in Heaven,- lofty mansions beneath which flow rivers,- to dwell therein for aye;- an excellent reward for those who do (good)!-

Those who persevere in patience, and put their trust, in their Lord and Cherisher.

Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang shaleh, sesungguhnya akan Kami tempatkan mereka pada tempat-tempat yang tinggi di dalam surga, yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Itulah sebaik-baik pembalasan bagi orang-orang yang beramal,

(yaitu) yang bersabar dan bertawakal kepada Tuhannya.



  • Auxiliary22

يا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ23

O ye who believe! seek help with patient perseverance and prayer; for Allah is with those who patiently persevere.

Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.



  • Get Merciful and forgive of Allah24

ثُمَّ إِنَّ رَبَّكَ لِلَّذِينَ هَاجَرُوا مِنْ بَعْدِ مَا فُتِنُوا ثُمَّ جَاهَدُوا وَصَبَرُوا إِنَّ رَبَّكَ مِنْ بَعْدِهَا لَغَفُورٌ رَحِيمٌ25

But verily thy Lord,- to those who leave their homes after trials and persecutions,- and who thereafter strive and fight for the faith and patiently persevere,- Thy Lord, after all this is oft-forgiving, Most Merciful.

Dan sesungguhnya Tuhanmu (pelindung) bagi orang-orang yang berhijrah sesudah menderita cobaan, kemudian mereka berjihad dan sabar; sesungguhnya Tuhanmu sesudah itu benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.



  • Get Big Regard

إِلَّا الَّذِينَ صَبَرُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَئِكَ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ كَبِيرٌ26

Not so do those who show patience and constancy, and work righteousness; for them is forgiveness (of sins) and a great reward.

kecuali orang-orang yang sabar (terhadap bencana), dan mengerjakan amal-amal shaleh; mereka itu beroleh ampunan dan pahala yang besar.


  • Makes lost the danger27

إِنْ تَمْسَسْكُمْ حَسَنَةٌ تَسُؤْهُمْ وَإِنْ تُصِبْكُمْ سَيِّئَةٌ يَفْرَحُوا بِهَا وَإِنْ تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا لَا يَضُرُّكُمْ كَيْدُهُمْ شَيْئًا إِنَّ اللَّهَ بِمَا يَعْمَلُونَ مُحِيطٌ28

If aught that is good befalls you, it grieves them; but if some misfortune overtakes you, they rejoice at it. But if ye are constant and do right, not the least harm will their cunning do to you; for Allah Compasseth round about all that they do.

Jika kamu memperoleh kebaikan, niscaya mereka bersedih hati, tetapi jika kamu mendapat bencana, mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka sedikit pun tidak mendatangkan kemudaratan kepadamu. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan.




  • Heaven (surga)

وَجَزَاهُمْ بِمَا صَبَرُوا جَنَّةً وَحَرِيرًا29

And because they were patient and constant, He will reward them with a Garden and (garments of) silk.

Dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabaran mereka (dengan) surga dan (pakaian) sutera,


Mushabarah


Mushabarah means : there are two subyeks in enemy. If Mukmin defend their rigth and true, the unbeliever defend their bad and false. So, moslem’s patience be stronger and better30

Mushabarah didalamnya tersirat pengertian : terdapat dua pelaku yang saling berlawanan dan gigih. Bila orang yang beriman sabar mempertahankan hak dan kebenaran, maka orang kafir juga gigih dalam mempertahankan kebatilannya. Jadi, kesabaran orang-orang beriman harus lebih kuat dan handal.


Rabth


Basicly, Rabth means tether31 somethink, as Allah says :

وأعدوا لهم ما استطعتم من قوة ومن رباط الخيل ترهبون به عدو الله وعدوكم وآخرين من دونهم لا تعلمونهم الله يعلمهم وما تنفقوا من شيء في سبيل الله يوف إليكم وأنتم لا تظلمون

Against them make ready your strength to the utmost of your power, including steeds of war, to strike terror into (the hearts of) the enemies, of Allah and your enemies, and others besides, whom ye may not know, but whom Allah doth know. Whatever ye shall spend in the cause of Allah, shall be repaid unto you, and ye shall not be treated unjustly.

Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan).32


In Qur’an, 3 of 4 sense rabth relates with sense Qalb ”heart”. Its means rabth tether to our heart. So, we call it dependable.

3 dari kata rabth dalam al-Qur’an disandarkan ke kata Qalb. Dapat dipahami bahwa rabth itu merupakan sesuatu yang ditambatkan dalam hati, sehingga lazim diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan keteguhan hati. Allah berfirman :


وربطنا على قلوبهم إذ قاموا فقالوا ربنا رب السماوات والأرض لن ندعو من دونه إلها لقد قلنا إذا شططا

And We gave strength to their hearts: Behold, they stood up and said: "Our Lord is the Lord of the heavens and of the earth: never shall we call upon any god other than Him: if we did, we should indeed have uttered an enormity!

dan Kami telah meneguhkan hati mereka di waktu mereka berdiri lalu mereka berkata: "Tuhan kami adalah Tuhan langit dan bumi; kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia, sesungguhnya kami kalau demikian telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran".33


According this verse, we know too that we can get it if we effort

Selain itu berdasarkan ayat ini rabth diperoleh setelah kita melakukan usaha.


We can dependable if we defeated the evil34, Allah says:

إذ يغشيكم النعاس أمنة منه وينزل عليكم من السماء ماء ليطهركم به ويذهب عنكم رجز الشيطان وليربط على قلوبكم ويثبت به الأقدام

Remember He covered you with a sort of drowsiness, to give you calm as from Himself, and he caused rain to descend on you from heaven, to clean you therewith, to remove from you the stain of Satan, to strengthen your hearts, and to plant your feet firmly therewith.

(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penentraman daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk menyucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan memperteguh dengannya telapak kaki (mu)35.





Rabth can be help from Allah to who do it, Allah says :


وأصبح فؤاد أم موسى فارغا إن كادت لتبدي به لولا أن ربطنا على قلبها لتكون من المؤمنين

But there came to be a void in the heart of the mother of Moses: She was going almost to disclose his (case), had We not strengthened her heart (with faith), so that she might remain a (firm) believer.

Dan menjadi kosonglah hati ibu Musa. Sesungguhnya hampir saja ia menyatakan rahasia tentang Musa, seandainya tidak Kami teguhkan hatinya, supaya ia termasuk orang-orang yang percaya (kepada janji Allah).36


Taqwa

The real mean of taqw in these verse :

يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون

O ye who believe! Fear Allah as He should be feared, and die not except in a state of Islam.

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.37



فاتقوا الله ما استطعتم واسمعوا وأطيعوا وأنفقوا خيرا لأنفسكم ومن يوق شح نفسه فأولئك هم المفلحون

So fear Allah as much as ye can; listen and obey and spend in charity for the benefit of your own soul and those saved from the covetousness of their own souls,- they are the ones that achieve prosperity.

Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah; dan nafkahkanlah nafkah yang baik untuk dirimu. Dan barang siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.38


Kind of Taqw in Qur’an among :

  • Avoid from hell39

فإن لم تفعلوا ولن تفعلوا فاتقوا النار التي وقودها الناس والحجارة أعدت للكافرين

But if ye cannot- and of a surety ye cannot- then fear the Fire whose fuel is men and stones,- which is prepared for those who reject Faith.

Maka jika kamu tidak dapat membuat (nya) dan pasti kamu tidak akan dapat membuat (nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.40


  • From bad eticks

وقهم السيئات ومن تق السيئات يومئذ فقد رحمته وذلك هو الفوز العظيم

"And preserve them from (all) ills; and any whom Thou dost preserve from ills that Day,- on them wilt Thou have bestowed Mercy indeed: and that will be truly (for them) the highest Achievement".

dan peliharalah mereka dari (balasan) kejahatan. Dan orang-orang yang Engkau pelihara dari (pembalasan) kejahatan pada hari itu, maka sesungguhnya telah Engkau anugerahkan rahmat kepadanya dan itulah kemenangan yang besar".41


  • Keep our Family

يا أيها الذين آمنوا قوا أنفسكم وأهليكم نارا وقودها الناس والحجارة عليها ملائكة غلاظ شداد لا يعصون الله ما أمرهم ويفعلون ما يؤمرون

O ye who believe! save yourselves and your families from a Fire whose fuel is Men and Stones, over which are (appointed) angels stern (and) severe, who flinch not (from executing) the Commands they receive from Allah, but do (precisely) what they are commanded.

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.42


The Regard and position


  • Not sad and afraid of

يا بني آدم إما يأتينكم رسل منكم يقصون عليكم آياتي فمن اتقى وأصلح فلا خوف عليهم ولا هم يحزنون

O ye Children of Adam! whenever there come to you messengers from amongst you, rehearsing My signs unto you,- those who are righteous and mend (their lives),- on them shall be no fear nor shall they grieve.

Hai anak-anak Adam, jika datang kepadamu rasul-rasul daripada kamu yang menceritakan kepadamu ayat-ayat-Ku, maka barang siapa yang bertakwa dan mengadakan perbaikan, tidaklah ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.43


  • Make solution Your problem

فأما من أعطى واتقى .........فسنيسره لليسرى

So he who gives (in charity) and fears (Allah),…..We will indeed make smooth for him the path to Bliss.

Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa,……maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah.44



  • Toplevel and Livelihood

زين للذين كفروا الحياة الدنيا ويسخرون من الذين آمنوا والذين اتقوا فوقهم يوم القيامة والله يرزق من يشاء بغير حساب

The life of this world is alluring to those who reject faith, and they scoff at those who believe. But the righteous will be above them on the Day of Resurrection; for Allah bestows His abundance without measure on whom He will.

Kehidupan dunia dijadikan indah dalam pandangan orang-orang kafir, dan mereka memandang hina orang-orang yang beriman. Padahal orang-orang yang bertakwa itu lebih mulia daripada mereka di hari kiamat. Dan Allah memberi rezeki kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya tanpa batas.45


  • Heaven

قل أؤنبئكم بخير من ذلكم للذين اتقوا عند ربهم جنات تجري من تحتها الأنهار خالدين فيها وأزواج مطهرة ورضوان من الله والله بصير بالعباد

Say: Shall I give you glad tidings of things Far better than those? For the righteous are Gardens in nearness to their Lord, with rivers flowing beneath; therein is their eternal home; with companions pure (and holy); and the good pleasure of Allah. For in Allah's sight are (all) His servants,-

Katakanlah: "Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?" Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya. Dan (mereka dikaruniai) istri-istri yang disucikan serta keridaan Allah: Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. 46


  • Big regard

الذين استجابوا لله والرسول من بعد ما أصابهم القرح للذين أحسنوا منهم واتقوا أجر عظيم

Of those who answered the call of Allah and the Messenger, even after being wounded, those who do right and refrain from wrong have a great reward;-

(Yaitu) orang-orang yang menaati perintah Allah dan Rasul-Nya sesudah mereka mendapat luka (dalam peperangan Uhud). Bagi orang-orang yang berbuat kebaikan di antara mereka dan yang bertakwa ada pahala yang besar.47


  • Forgiveness

ولو أن أهل الكتاب آمنوا واتقوا لكفرنا عنهم سيئاتهم ولأدخلناهم جنات النعيم

If only the People of the Book had believed and been righteous, We should indeed have blotted out their iniquities and admitted them to gardens of bliss.

Dan sekiranya Ahli Kitab beriman dan bertakwa, tentulah Kami tutup (hapus) kesalahan-kesalahan mereka dan tentulah Kami masukkan mereka ke dalam surga yang penuh kenikmatan.48


  • Blessing49 from sky and earth

ولو أن أهل القرى آمنوا واتقوا لفتحنا عليهم بركات من السماء والأرض ولكن كذبوا فأخذناهم بما كانوا يكسبون

If the people of the towns had but believed and feared Allah, We should indeed have opened out to them (All kinds of) blessings from heaven and earth; but they rejected (the truth), and We brought them to book for their misdeeds.

Jika sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.50

  • Furqhan

يا أيها الذين آمنوا إن تتقوا الله يجعل لكم فرقانا ويكفر عنكم سيئاتكم ويغفر لكم والله ذو الفضل العظيم

O ye who believe! if ye fear Allah, He will grant you a criterion (to judge between right and wrong), remove from you (all) evil (that may afflict) you, and forgive you: for Allah is the Lord of grace unbounded.

Hai orang-orang yang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan kepadamu furqaan dan menghapuskan segala kesalahan-kesalahanmu dan mengampuni (dosa-dosa) mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.51


Prosperity here and in other passege is to be understood in a wide sense, including prosperity in our mundane affairs as well as in spritual progress in both cases it implies happiness and the attainment of our wishes, purified by the love of God.52

Keberhasilan disini dan dibagian-bagian ayat yang lain dapat diartikan luas sekali, termasuk keberhasilan dalam kehidupan dunia kita ini atau dalam keberhasilan rohani. Keduanya tersirat juga arti kebahagian serta tercapainya segala keinginan kita yang kita bersihkan dengan menanamkan kecintaan kita kepada Allah.

C. Background of The Verse

We don’t find yet.


D. Meaning Relation of The Verse

1.Relation among word in one verse

There is not mukmin was exmained for known is he believe in or not. All of disaster from Allah musb be faced with 3 kind of shabr. After we dependable , disaster is not finish but it’s the beginning our journey, so that we face with mushabarh. After that we do it continously and solid. Last step of llah keep from damaged think to what we did before. If we do All we will succesfull in world and.. insya Allah.

Tiadalah seorang mukmin diuji agar diketahu apakah i ia sungguh-sungguh atau tidak dalam beriman kepada Allah. Semua ujian yang Allah berikan harus dihadapi dengan 3 macam sabar tersebut. Setelah kita sabar bukan berarti cobaan telah usai melainkan itu merupakan awal perjalan kita, makamya kita harus menghadapinya dengan mushabarah. Setelah itu hendaknya kita melakukannya secara terus-menerus hingga kita terbiasa dan hati telah teguh untuk melakukannya. Langkah akhir dari semua itu ialah menjaga dari segala hal yang dapat merusak kerja keras yang telah kita lakukan tadi. Jika telah dilakukan demikian, maka niscaya akan beruntung, menang dan selamat di dunia maupun akhirat insya Allah.


2.Relation with verse before

Verse before what research about ahli kitab who believe in Allah toowe As Muhammad” community if we just believe in without do another, we same with them. If we will spesial one in Allah”s side , Shabr, Mushabarah, Rabth, taqwq is one mof method for getting lifeaim, Falh

Ayat sebelumnya membahas tentang golongan ahli kitab yang beriman. Kita sebagai umat Muhammad jika hanya beriman saja tanpa melakukan yang lainnya, yang dapat menjadikan kita lebih baik, istimewa dan berderajat di sisi Allah. Jikalau ingin memiliki tempat yang tinggi disisi Allah maka Shabr, Mushabarah, Rabth, taqwa merupakan salah satu jalan yang dapat ditempuh untuk menggapai tujuan kehidupan, falh.

3.Relation with verse after

Verse After this verse, mention mean of taqwa border for human being. Because Allah the creater world and what in it. Taqwa here, means keep oru body, healthy fromn somethink damaged.

Ayat setelahnya menyinggung anjuran bertaqwa kepada Allah (dalam arti yang luas) yang diperuntukkan bagi segenap manusia. Karena memang Allah lah yang mencipatakan segenap manusia baik itu muslim, kristen, yahudi,dll. Dapat dipahami bahwa kata taqwa disini dapat pula bermakna anjuran bagi segenap manusia untuk menjaga dirinya dari segala hal-hal yang dapat merusak jasad, kesehatan, dll.


E. Commentary of The Verse


This verse recommends kinds of perseverence when confronting misfortunes, as follow: In thev first stage be patient in personal adversities and desires.

Ayat ini memerintahkan beberapa jenis kegigihan dan kesabaran ketika berhadapan dengan kemalangan. Pada tahap pertama, bersaabarlah dalam kesulitan pribadi dan hasrat pribadi

“ O ye who believe ! Persevere …”

In second stage: persevere more againt more againt the pressure of the enemy.

Tahap kedua lebih bersabarlah lagi terhadap tekanan musuh


“ And constancy ….”

In the third stage: try to protect the geographical bounds against the invasions of the forign enemies; try to protect the ideologial and theological bounds by means of scientific argunentations; and try to protect the bounds of the heart from thr atteck of temptations.

Dalam tahap ketiga, berusahalah untuk mempertahankan batas-batas geografis untuk mengahadang invasi musuh asing; berusahalah untuk melindungi batas-batas ideologis dan teologis melalui argumentasi ilmiah dan berusahalah untuk menjaga perbatasan hati dari serangan godaan.


“ vie In such perseverance ; Strengthen each other…”

In Arabic language, the tiying something somewhere is called /rabaat/ and thatis way this is also used for an ‘inn’, because inold times caravans used to stay there where they kept their goods, horses, and camels.

Again,it is used for a heart which is firmly tied to the grace of Allah, too. There are alsosome other derifations from the same root which are aplied in Arabic like: /irtibath/ (relationship), /marbuuth/ (related), and /rabiith/ (communicator)

In Islamic traditions, the phrase /rabithuu/ has been aplied in the sense of ‘expectation for prayer’. It seems that musllims tighten their oun herts and souls by the link that they create in prayers.

Dalam bahasa Arab, mencoba sesuatu disuatu tempat disebut rabth dan istilah ini juga disebut penginapan , pada zaman dahulu, para pengelana biasa tinggal disana untuk menjaga harta, kuda, dan unta-unta mereka, sekali lagi, kata ini juga digunakan untuk menyatakan hati yang terikat kuat terhadap karunia Allah. Ada juga beberapa turunan kata lain dari akar kata yang sama yang digunakan dalam bahasa Arab seperti irtibath: hubungan, marbuth: terhubung dan rabith: penghubung.

Dalam hadis kata rabith untuk harapan dalam berdoa, tampak bahwa umat islam berusaha mengencangkan ikatan hati dan ruh mereka dengan mata rantai yang mereka ciptakan dalam shalat.

Hasan Bashri says Shabr in do obideint dan keep your religion. Mushabarh for combat your damaged to your religion. Don’t leave it cause of poor and hungry53, etc.

Hasan Bashri berkata bersabarlah dalam menunaikan dan menjaga agamamu dan mushabarahlah untuk membela agamamu dari hal-hal yang dapat merusaknya (baik yang bersifat intern maupun ekstern). Janganlah meninggalkannya karena fakir , lapar ataupun sebab lainnya.

Shabr has means control the wish dan its has The third means of shabr; detaminy, obident, forbidden. Shabr is serious ly to control wish with hard effort .54Al-Asham says that cause of many detaminy Allah ask us to Shabr 55


Sabar mengandung makna mengendalikan hawa nafsu dan mengandung ketiga makna sabar berdasarkan sabda Rasul: sabar terhadap musibah, menjalankan ibadaah, dan menjaga hawa nafsu dari maksiat. Sabar dalam bersungguh-sungguh mengendaliakan hawa nafsu dengan menempuh suatu usaha yang keras. Al-Asham menerangkan bahwa disebabkan banyaknya ujian yang Allah berikan kepada kita, maka kita diperintahkan Sabar.

Mushabrah is shabr better in kunatity and kuality 56Musharah is shabr stronger 57 .Qatadah says :: mushabarah is to musyrik. Rabth in Sabilillah.58.Atha bin Al-Qarzhi says : Mushabarah to enemy who destroy our religion

Mushabrah merupakan sabr yang lebih baik dari segi kuantitas maupun dari kualitas. 59Musharah merupakan sabar yang lebih kuat (sabar diatas sabar).Qatadah berkata : mushabarah itu terhadap orang musyrik. Rabth itu fi Sabilillah. Atha bin Al-Qarzhi berkata : Mushabarah itu terhadap musuh yang merusak agama kita.

Rabth is always do the obideint. Its antonim of Syatana.60 Rabth means always control wish without hopeness61 Rabth means wait prayer after prayer

Rabth artinya selalu atau senantiasa beribadah , itu pula merupakan lawan kata dari syathana”jahat/menyalahi”. Rabth mengandung makna senatiasa mengendalikan nafsu tanpa diiringi rasa putus asa.Rabth menagndung makna menunggu shalat setelah shalat sebagaimana sabda rasul.:

Apakah kalian ingin kuberi tahu tentang sesuatui yang mengahpus dosa, mengangkat derajat yaitu sempurnakanlah wudhumu perbanyaklah langkah menuju masjid dan tunggulah shalat setelah shalat karena itulah Ribath, Rasul menyebutkannya 3 kali. (H.R. Malik).





F. The Getting Education from The Verse

This verse is one of very important verse in Qur’an because there is principle “kaedah” :

If word “wattaqullah”, “sabbah”, “subhana” in The verse, so that verse in very important.

Jika ada kata “wattaqullah”, “sabbah”, “subhana” dalam suatu ayat itu menunjukkan ayat yang sangat penting

We must aplicate this verse in our life, whenever, wherever.

In Ushuliyah”s principle :

Basicly, The command is obligatory62

So, do these are obligatory from our Islam


There is principle :

All fi’il if not mention the maf’ul its ‘am

Setiap fi’il yang tidak disebut maf’ulnya maka itu bersifat umum.


So, shabr, mushabarh, rabth, taqwa in this verse have border means.

shabr, mushabarh, rabth, taqwa bernakna umum dan luas dalam ayat ini.

Artinya, sabarlah, mushabarah-lah, rabth-lah, taqwalah dalam berbagai macam bentuk dan keadaan.


G. Conclusion


In life wheel, sometimes we are in the top and sometimes, in the down. In the both, we must applicate these commands; shabr, mushabarh, rabth, taqwa.

Kehidupan adalah roda. Terkadang kita dibawah, terkadang kita diatas. Dalam silih bergantinya kedua situasi, Allah memberikan kita solusi terbaik agar kita memperoleh hasil yang memuaskan dan maksimal yakni dengan mengamalkan keempat perintah tersebut. Bukan berarti kita hanya memilih salah satunya melainkan mengamalkannya secara keseluruhan karena keempat perintah itu saling melengkapi satu sama lain, dan itulah yang terbaik bagi kita, hamba Allah.

1 Sura Ali Imran Verse 200

2 Abu Husein Ahmad bin Faris bin Zakaria, Mu’jam Maqayis fi Luughah ( Beirut : Dar al-Fikr ), h.584

3 Ar-Raghib, Mu’jam Mufradat ( Beirut : Dar al-Fikr )

4 Abu Husein Ahmad bin Faris bin Zakaria, Mu’jam Maqayis fi Luughah

5 Ar-Raghib, Mu’jam Mufradat

6 Abu Husein Ahmad bin Faris bin Zakaria, Mu’jam Maqayis fi Luughah

7 Abdullah Yusuf Ali, Holy Qur’an, ( Beirut : Dar Al-Fikr ), h. 176

8 Q.S. Al-Muddatstsir: 7

9 Q.S. Ar-Ra’ad: 22

10 Menghadapi musibah

11 Q.S. Al-Baqarah: 155-156

12 Mengendalikan hawa nafsu

13 Q.S. An-Nisa: 25

14 Dalam ketaatan kepada Allah

15 Q.S. Thaha: 132

16 Q.S. Ibrahim: 12

17 Q.S. Al-Anfal

18 Q.S. An-Nisa: 19

19 Q.S. As-Sajadah: 24

20 Derajat yang tinggi

21 Q.S. Al-Ankabut

22 Pertolongan

23 Q.S. Al-Baqarah: 153

24 Rahmat dan ma’firah Allah

25 Q.S. An-Nahl: 110

26 Q.S. Hud: 11

27 Menghilangkan kemudharatan

28 Q.S. Ali Imran: 120

29 Q.S. Al-Insan: 12

30 Yusuf Qordhawy, Al-Qur’an menyuruh kita bersabar ( Gema insani press : jakarta, 1994). h. 35

31 Ditambatkan

32 Q.S. Al-Anfal: 60

33 Q.S. Al-Kahfi: 14

34 Mengalahkan gejolak dan gangguan syetan

35 Q.S. Al-Anfaal:11

36 Q.S. Al-Qashash:10

37 Q.S. Ali Imran:102

38 Q.S. At-Thaghabun: 16

39 Berhati-hati dari neraka

40 Q.S. Al-Baqarah: 24

41 Q.S. Al-Mukmin: 9

42 Q.S. At-Tahrim: 6

43 Q.S. AlA’raf: 35

44 Q.S. Al-Lail: 5,7

45 Q.S. Al-Baqarah: 212

46 Q.S. Ali Imran: 15

47 Q.S. Ali Imran: 172

48 Q.S. Al-Maidah: 65

49 Berkah

50 Q.S. Al-A’raf: 96

51 Q.S. Al-Anfal: 29

52 Holy Qur’an

53 Nizhamuddin, Tafsir gharaib Al-Qur’an, Dar Al-Kutub Al-Ilmiah : Beirut, 1996. III/336

54 Ibid Niz

55 Nizhamuddin, Tafsir gharaib Al-Qur’an . III/336

56 Ibid Syi

57 Ash-Shawi, hasyiyah Ash-Shawi fi tafsir jalalain, dar AL-Kutub Al-Ilmiah:beirut 1995,

58 Ibnu Jarir, Tafsir At-Thabry, dar Al-Kutub Al-ilmiah:beirut 1999.III/561

59 Ibid Syi

60 Said Hawwa, Al-Asas fi Al-Qur’an, dar Assalam:kairo, 1990 M. II/97

61 Lihat tafsir Al-Qurthuby,

62 Pada dasarnya, perintah itu wajib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar